Home » » ANTI MARKETING JURUS AMPUH DONGKRAK PENJUALAN

ANTI MARKETING JURUS AMPUH DONGKRAK PENJUALAN

Wirausahawan budiman. Kondisi persaingan usaha saat ini sungguh tidak bersahabat. Sangat ketat dan saling menjatuhkan. Saling menjegal. Bahkan terkadang saling membunuh. Bukankah demikian ? Tidak jarang untuk mendapatkan calon pelanggan, wirausahawan, saling jor-joran banting harga. Atau terkadang jor-joran memberikan potongan discount gila-gilaan. Jor-joran memberikan hadiah-hadiah bombastis. Apakah kita akan mengikuti irama seperti itu ? Bisa jadi bila kita mengikuti langkah tersebut usaha kita gulung tikar. Lalu bagaimana jalan keluarnya ?

Ada baiknya Anda menyimak nasihat, Kafi Kurnia, Konsultan Pemasaran,
yang sembilan tahun lalu menerbitkan buku yang sangat kontroversial. Judulnya saja udah menghebohkan ANTI MARKETING. Buku ini sangat inspiratif, banyak ide-ide berlian yang bisa kita coba praktekkan. Kafi Kurnia memberi nasihat, apabila tingkat persaingan usaha sudah sangat tinggi, maka kita seyogyanya menerapkan TAKTIK  pemasaran yang TIDAK LAZIM. Kita perlu menerapkan cara-cara yang ABNORMAL. Berani ke luar dari pakem bisnis yang salama ini kita pelajari.

Kafi seolah menggugat teori pemasaran yang saat ini tengah berkembang di masyrakat. Dalam pandangannya teori-teori marketing membuat kita jadi terlena. Sebab strategi dan taktik yang diajarkan cenderung stagnan. Hanya cocok diterapkan untuk kondisi yang normal. Padahal kenyataan di lapangan tidak seperti itu, bukan ? Kafi membeberkan resepnya dalam menyusun strategi pemasaran. Selama menjadi konsultan pemasaran dia tidak pernah belajar dari buku marketing dan menggunakan teori-teori yang canggih. Namun selalu spontan, selalu berimprovisasi. Orisinil. Menurutnya, Anti Marketing adalah marketing langsung praktek.

Anti kemapanan dibidang marketing ditunjukkan Kafi, dalam artikel yang sangat menarik, judulnya BUNUH DIRI. Artikel ini mengungkapkan bahwa Marketing Mix sudah tidak cocok lagi dengan kondisi kekinian. Marketing Mix mengajarkan penyusunan strategi dan taktik marketing dengan mengkombinasikan 4 P (product, price, place dan promotion). Ternyata saat ini ada produk yang tidak harus ada unsur price. Alias produk dijual gratis. Siapapun boleh ambil. Tidak dipungut biaya sama sekali. Apa ada to barang yang dijual gratisan ? Apa tidak rugi ? Trus bagaimana perusahaan dapat menghidupi karyawannya ? Mungkin itu pertanyaan yang ada dibenak Anda.

Pengusaha yang menjual produk secara gratis diibaratkan seperti sedang melakukan bunuh diri ala jepang KAMIKAZE. Berani mengambil sikap gila-gilaan, karena tidak kuat menghadapi persaingan, maka produk dilempar gratis ke pasar. Apa yang diungkap Kafi sekarang terbukti. Dengan mudah Anda mendapatkan koran, majalah, atau materi dari internet secara gratis bukan ? Tanpa mengeluarkan uang sesen pun. Lalu dari mana pengusaha mendapatkan pemasukan ? Ah, gampang aja. Menjual spase iklan. Sesuatu yang mungkin belum pernah kita pikirkan.

Masih banyak contoh-contoh ekstrim dalam buku Anti Marketing. Rugi lho bila Anda para wirausaha tidak membacanya. Ternyata sukses maupun gagal dalam membangun usaha  terkadang berawal dari sesuatu yang nampak sepele dan terkadang tidak masuk akal. Bukankah demikian ? Bagaimana pendapat Anda ? Anda ingin bunuh diri juga ? Tahan dulu keinginan Anda. Baca dulu Anti Marketing, setelah itu terserah Anda. Salam Wirausaha !!!


1 komentar:

  1. sepertinya saya akan mencoba tips anti marketing....sepertinya sangat menarik.thanx pak...atas postingannya :

    http://sewarentalkamerayogya.blogspot.com/

    BalasHapus

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda