Home » » INOVASI PRODUK KOPERASI UNISRI

INOVASI PRODUK KOPERASI UNISRI


Koperasi sering disebut soko guru perekonomian nasional. Demikian amanat UUD 1945 pasal 33. Pertanyaannya adalah benarkah itu ? Dalam kenyataan banyak koperasi yang sekedar papan nama. Kalau pun ada usahanya tidak berkembang pesat. Condong stagnan.  Bila berkembang pesat dengan asset besar, biasanya bukan koperasi sejati. Namun koperasi siluman. Lho kok bisa ?  Lihat saja dibelakang biasanya kaum kapitalis, yang berbaju koperasi. Dikuasai segelintir orang yang masih ada kaitan kerabat. Bukan dari anggota untuk anggota. Sehingga Sisa Hasil Usaha (SHU) mengalir ke kantong pemodal. Anggota koperasi sekedar sebagai pelengkap penderita.

Mengapa bisa terjadi ?  Salah satu faktor penyebab adalah karena kurang sadarnya masyarakat berkoperasi. Serta pengelola koperasi yang tidak memiliki kompetensi dan kreatifitas dalam mengembangkan usaha. Lihat saja koperasi di perkantoran atau instansi pada umumnya hanya sebatas simpan pinjam dari anggota untuk anggota. Tidak aneh bila usaha semacam ini mengalami titik jenuh, bila semua anggota telah memanfaatkan. Aset dan SHU mentok.

Bila koperasi ingin tetap maju dan berkembang, serta benar-benar mensejahterakan anggota. Pengelolaan harus professional. Pengurusnya dituntut kreatif dan inovatif,  mampu membuat terobosan-terobosan dibidang pengembangan usaha. Di bawah contoh dari  koperasi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) yang mampu berkembang dengan baik. Salah satu indikator keberhasilan pada tahun 2012 ditetapkan Dinas Koperasi dan UMKM kota Solo sebagai Koperasi Terbaik. Silahkan menyimak. Semoga membawa manfaat.

Koperasi Unisri beranggotakan dosen dan karyawan, semula bergerak pada bidang usaha simpan pinjam. Kemudian mulai mencoba usaha toko yang menjual sembako dan melayani fotocopy. Lalu berkembang merambah pada usaha penjualan tanah kapling, ticketing pesawat, jasa pembayaran rekening listrik dan telpon. Tidak hanya berhenti di situ  tahun 2013 mulai mengembangkan sayap usaha pada  bidang kos-kosan dengan membangun WISMA KOPERASI UNISRI. Pembangunan dimulai sejak pertengahan tahun 2012 dan selesai pada awal tahun 2013.

Wisma Koperasi Unisri, terletak di belakang kampus Unisri, berdiri di atas tanah seluas 330 m2, bentuk bangunan minimalis, terdiri dua lantai dengan 30 kamar  yang representative.  Fasilitas lengkap, tempat tidur, almari, kamar mandi dalam, tempat parkir luas, lingkungan  aman, nyaman dan tenang

Menurut Ketua Koperasi Unisri, Bambang Widarno, SE, MM, total biaya pembelian tanah dan pembangunan  gedung mencapai Rp 1,1 milyar. Bambang optimis modal akan kembali dalam waktu 8 tahun.  Keyakinan ini muncul,  seiring meningkatnya  jumlah mahasiswa baru Unisri  yang berasal dari luar kota serta perkembangan bisnis di Solo Utara yang sangat pesat. Di mana sebagian besar karyawannya  berasal dari luar kota, kesemuanya membutuhkan kos-kosan.  Terbukti  sebelum peresmian,  mulai banyak  yang inden menempati. Biaya sewa per bulan sangat murah, untuk kos-kosan sekelas itu,  berkisar Rp 300 ribu sd Rp 400 ribu per bulan. Informasi selengkapnya silahkan kontak ke via telpon (0271) 851987

Peresmian Wisma Koperasi Unisri dilakukan secara simbolis berupa  pengguntingan pita oleh Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto, Senin, 21 Januari 2013. Nampak hadir dalam peresmian, Ketua KPRI Surakarta, Sakdani Darmo Pamujo, Pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi, Drs. Sutantyo, MM,  para pejabat dan mahasiswa  dilingkungan Unisri, serta  para tokoh masyarakat Kadipiro. Dalam kata sambutan Rektor, menyambut gembira terobosan  yang dilakukan pengurus koperasi Unisri. “  Langkah ini sangat positif, merupakan  peristiwa bersejarah, barangkali ini yang  pertama  di Solo, koperasi mampu membangun asrama seperti ini, sehingga peran serta  koperasi Unisri dalam meningkatkan kesejahteraan anggota  betul-betul dapat dirasakan tidak sekedar wacana dan retorika  “  ungkapnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda