Home » » JOE GIRARD " SI GILA " JUAL MOBIL DI KUBURAN

JOE GIRARD " SI GILA " JUAL MOBIL DI KUBURAN

Bagaimana kiat menaikkan omzet penjualan produk agar berlipat ? Adakah cara praktis. Tanpa harus keluarkan biaya promosi yang besar ? Pertanyaan ini sering mengemuka dalam setiap pelatihan yang saya selenggarakan.

Wirausahawan budiman. Bila anda ingin meningkatkan ketrampilan menjual. Saya sarankan anda belajar dari Joe Girard. Tokoh kita yang satu ini sangat jago menaklukkan calon pembeli. Prestasinya sudah diakui di dunia. Buku pencatat rekor dunia " The Guinness Book of Records " menobatkan sebagai TOP SALESMAN N0.1. 

Apa prestasinya. Tidak tanggung-tanggung selama lebih dari 12 tahun berhasil menjual mobil secara retail dalam jumlah yang fantastis.  Tidak kurang setiap tahun, mampu menjual sekitar 1500 mobil. Sebulan sekitar 120 mobil. Kurang lebih 4 mobil perhari.

Apa kuncinya ? Setelah saya baca kisahnya. Saya menyimpulkan keberhasilan Joe Girard, karena melaksanakan 3 C (commitment, communication, caring). Kunci pertama adalah memiliki komitmen yang kuat saat menjual produk. Bukan sekedar komat-kamit. Hindari ketakutan penolakan. Menawarkan ditolak. Itu hal yang biasa. Itu resiko menjual. Agar komitment kita kuat. Tanamkan saat kita menjual produk, sebenarnya kita sedang membantu seseorang untuk menemukan solusi. Menemukan apa yang sedang dibutuhkan pelanggan. Bukan sekedar mengejar target dan mencari keuntungan semata.

Kiat kedua, miliki ketrampilan komunikasi efektif. Anda harus pandai-pandai membaca bahasa verbal (lesan dan tulisan) dan bahasa non berval (intonasi suara dan bahasa tubuh) calon pelanggan. Jadilah pendengar yang baik. Tahan kalau anda ingin bicara banyak. Anda harus lebih banyak mendengarkan. Agar betul-betul mengetahui dan paham apa yang sedang dipikirkan dan dibutuhkan pelanggan. Setelah itu, barulah anda ajukan solusi dari produk anda.

Kiat ke tiga, caring. Coba cermati, prinsipnya setiap orang ingin dipedulikan. Pedulikan calon pelanggan anda dengan sungguh-sungguh. Kita sering terbalik. Dihadapan calon pelanggan, justru  kita yang ingin dipedulikan pelanggan. Kita tonjolkan kehebatan diri kita. Jangan narsis dong.  Tinggalkan kebiasaaan ini. Percayalah. Setiap orang ingin dipedulikan. Tidak pandang bulu. Apakah dia dari strata sosial yang paling tinggi. Atau dari strata sosial yang paling bawah. Ungkapkan rasa ketertarikan anda dengan tulus. Dengan ikhlas. Tidak dibuat-buat. Pasti dia akan merasa tersanjung.

Dengan menerapkan tiga resep jitu ini, Joe Girard, mampu meledakkan penjualan. Bahkan konon, disaat sedang berkabung, karena istrinya meninggal dunia. Saat di pemakaman istrinya, Joe Girard masih mampu menjual mobil. Coba banyangkan. Gila bukan ? Bagaimana mau mencoba tiga resep tersebut ?

5 komentar:

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda