Home » » KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ?

KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ?

Menciptakan perbedaan sangat penting. Dengan berbeda, maka produk kita, nama perusahaan kita akan menancap dibenak konsumen. Namun sering kali kita baru sekedar menyatakan dalam slogan atau jargon-jargon semata. Tapi tidak bisa menjelaskan kepada masyarakat. Bedanya dimana ?

Wirausahawan budiman. Anda pernah ke toko Amigo. Toko busana, sepatu dan produk fashion. Memiliki cara unik dalam menciptakan perbedaan. Pak Edy, bos Amigo menciptakan positioning statement atau slogan yang sangat cerdas.

" JELAS BEDA, BEDA JELAS ". Beliau ingin menciptakan perbedaan yang tidak sekedar berbeda. Lalu dimana bedanya ?

Bila ingin tahu. Sekali waktu luangkan waktu Anda. Masuklah ke toko Amigo. Toko Amigo tersebar di Solo Raya dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bedanya apa Amigo dengan toko lainnya ? Oh, bedanya sangat jelas ! Begitu anda masuk. Anda akan melihat kostum pramuniaganya nyeleneh. Menggunakan kostum yang tidak biasa. Pakaian tradisional, kejawen atau pakaian tradisi dari daerah lain. Arsitekur bangunan juga beda. Menggunakan arsitektur yang unik.

Layanananya juga sangat khas. Diberbagai sudut toko. Anda akan melihat tulisan yang menggelitik. Hal-hal yang nampaknya sepele dikomunikasikan kepada konsumen dalam bentuk tulisan yang unik. Coba simak tulisan ini. Kawulo brayat ageng Amigo Group nyadhong dawuh bilih penjenengan ngeresakaken bantuan darah. Atau yang ini. Menawi celananipun kepanjangen saged dipun potong wonten mriki gratis.

Luar biasa bukan ? Hal kecil membuat perbedaan besar. Tidak hanya itu. Konsep jelas beda, beda jelas diwujudkan dalam bentuk promosi yang nyeleneh. Setiap melakukan promo berani tampil beda. Menggunakan atribut pakaian wayang, kethoprak dan sejenisnya.

Sales promotion menggunakan pendekatan bahasa dengan kalimat-kalimat yang ngrangkul. Mudah diingat. Coba anda dengarkan kalimat berikut ini. Bakdoku bakdomu, bakdo mobil. Saat lebaran melakukan undian hadiah dengan hadiah mobil. Bakdoku bakdomu, bakdo griyo. Hadiah undian lebaran berupa griyo atau rumah.

Itulah salah satu kunci keberhasilan Amigo. Menciptakan slogan yang konsisten. Menciptakan perbedaan yang terkonsep. Tidak sekedar abang-abang lambe atau lip service saja. Tidak mengherankan Amigo berkembang menakjubkan. Bayangkan saat berdiri tahun 1976, toko Amigo luasnya hanya 35 m2 dengan dua orang karyawan. Sekarang cabang dimana-mana dengan ratusan karyawan.

Bagaimana dengan Anda. Siapkah menciptakan perbedaan ? 

2 komentar:

  1. Salam Kenal Pak Dosen,terimakasih Atas sharenya,saya berusaha untuk menjadikannya sebagai referensi untuk berbagi,sebagaimana janji saya membantu Pak Dosen untuk membentuk Index di Google,sekarang dengan kode www.Kiatxxxxxxx.blogspot.com sudah mulai terindex,salam,dan ini janji saya menjadikannya sebagai Pengasuh Rubrik di Blog saya,menyusul di Blog yang lainnya,terimakasih.Bodin Lingga

    BalasHapus
  2. kreatip...
    mental pengusaha tenan...

    BalasHapus

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda