Home » » KISAH ICE CREAM RASA VANILLA

KISAH ICE CREAM RASA VANILLA

Menjalankan bisnis harus rasional. Namun sering kali wirausaha  terpengaruh pada mitos. Misalnya ada yang menghindari perjalanan bisnis di hari Selasa. Konon Selasa hari sial dan tidak membawa keberuntungan. Karena Selasa, menurut mereka dari kata " selo-selo ning menungso ".

Ada juga yang menghindari angka 13, karena dianggap angka sial. Lihat saja di hotel-hotel berbintang sekalipun, sering nomor kamarnya, aneh. Tidak ada nomor kamar 13, Benarkan ? Kalaupun ada pasti diberi embel-embel 13 A atau 13 B. Aneh bukan ? Namun itulah kenyataannya.

Wirausahawan budiman. Bila kita ingin maju dan berkembang usaha kita. Mari kita tinggalkan pola pikir seperti itu. Karena hal-hal yang anda angggap mitos tersebut. Tidak benar sama sekali. Bahkan merusak akidah kita sebagai umat beragama. Boleh jadi itu hanya kebodohan kita semata yang tidak mau belajar.

Berikut cuplikan sebuah kisah nyata. Saya kutip dari " Kisah-kisah Pembawa Berkah " yang ditulis Haidar Bagir. Begini kisahnya. Ada seorang yang baru saja membeli mobil Pontiac. Mobil yang masih gres ini suka ngambeg alias mogok. Lucunya mogoknya bila diajak membeli es krim, rasa vanila. Anehnya bila yang dibeli rasa lain. Mobil baik-baik saja. Tidak mogok. Aneh bukan ?

Pemilik mobil saat mengajukan klaim ke General Motor (GM) yang mengeluarkan mobil ini, sempat ragu atau pekewuh. Mengatakan mungkin keluhannya ini tidak masuk akal, konyol dan lucu. Bisa jadi tidak akan ditanggapi. Benar juga jajaran manajer GM sempat meragukan klaim pelangan ini. Dianggap mengada-ada.

Namun ada seorang mekanik  merasa tertantang untuk menelitinya. Selama 3 malam dia mengamati perilaku mobil ini. Malam pertama membeli ice cream rasa coklat. Mobil ini baik-baik saja. Malam kedua membeli rasa strowberry. Mobil lancar tanpa gangguan. Malam ketiga, membeli rasa vanilla, benar juga mobil mogok. Ndak mau jalan. Aneh bukan ?  Mosok ada mobil alergi ice cream rasa vanilla.

Sang mekanik mencoba meneliti dan menganalisis. Oalah, ternyata bukan masalah karena membeli ice cream rasa vanilla. Lalu apa penyebabnya ? Ternyata sepele. Letak penempatan es cream. Rasa vanilla paling banyak digemari, maka diletakkan paling depan. Sedangkan yang lain diletakkan dibelakang. Sehingga butuh waktu lama untuk mengambil.

Pantas aja mobil tidak mau jalan ketika distarter. Waktu terlalu cepat yang menjadi penyebab.Sang mekanik pun akhirnya menemukan kelemahan mobil ini " kunci asap ", yang perlu disempurnakan. Saat berhenti hanya sebentar, membeli ice cream rasa vanilla, tidak cukup untuk mendinginkan mesin. Sedangkan saat membeli rasa lain, mesin mobil cukup waktu untuk mendinginkan.

Bagaimana dengan anda. Masihkah percaya pada mitos-mitos bisnis ? 

0 komentar:

Posting Komentar

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda