Home » » DIPANDANG SEBELAH MATA

DIPANDANG SEBELAH MATA

Wirausahawan budiman. Bila mendengar kata Public Relations (PR) apa yang anda bayangkan ? Pasti anda bayangkan sosok wanita cantik. Pemanis perusahaan. Tugasnya menerima tamu. Kliping koran. Buat realese. Hanya sebatas itukah ? Apa yang anda bayangkan tidak salah. Namun kurang tepat.

PR merupakan bagian dari fungsi manajemen. Peran PR sangat penting dan stategis. Membangun citra dan reputasi organisasi. Tidak terkecuali untuk sektor UKM. Salah satu definisi PR yang sering saya sampaikan adalah 

“ Seni dan Ilmu yang dipergunakan agar organisasi disukai dan dihormati serta mendapat support (dukungan) dari publik (masyarakat) baik internal maupun eksternal.”

Tahukah anda mengapa nama pak Jokowi, yang semula hanya berprofesi tukang kayu, namanya meroket. Sekedar bocoran. Keberhasilan beliau salah satu faktornya, karena beliau sangat piawai menerapkan konsep ke-PR-an. Tidak percaya ? Coba anda simak manuver-manuvernya selama ini dengan seksama. 

Namun sayang, peran PR yang sangat strategis dan sangat vital. Masih dipandang sebelah mata. Umumnya perusahaan lebih mendewa-dewakan Marketing. Terbukti belum banyak perusahaan yang menempatkan Public Relations Officer (PRO) dalam struktur organisasi dalam level manajemen. Namun di perusahaan pasti ada Devisi Marketing.

Apakah tidak akan menambah beban pak, kalau menempatkan PR dalam stuktur organisasi ? Demikian pertanyaan yang sering diajukan peserta seminar kepada saya.  Jawabnya sederhana. 

Bila perusahaan kita belum mampu mengangkat PR secara formal. Tidak usah dipaksakan. Terus bagaimana ?  Ya, tidak perlu ada PR formal. Namun, jangan lupa. Fungsi PR harus tetap dijalankan. 

Siapa yang menjalankan ?  Ya, kita sendiri sebagai owner perusahaan. Serta jangan lupa. Jadikan setiap karyawan anda menjadi PR perusahaan anda. Mudah bukan ? 


1 komentar:

  1. Salam Sukses.

    Betul sekali apa yang telah dijelaskan. Kembali lagi, adanya struktur PR dalam suatu perusahaan sangat memegang peranan penting bagi citra perusahaan.
    PR Sebagai ujung tombak citra perusahaan dan sebagai relation internal dan eksternal. Segala profil perusahaan berkembang yang menjadi sorotan oleh pihak eksternal khususnya publik, merupakan muara dari PR perusahaan itu sendiri.
    Jadi seorang PR, sebenarnya sama kaya pengetahuanya dengan seorang owner. Mari berlomba - lomba berlatih PR untuk diri kita sendiri.

    Cordially

    BalasHapus

Pelatihan Presentasi Bisnis

Pelatihan Presentasi Bisnis
Team Accounting PT Gita Snack

Pelatihan Service Excellence

Pelatihan  Service Excellence
Team Force SPG PT Konimex

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan

Pelatihan Kiat Lejitkan Penjualan
Pengusaha Mikro Jarpuk Sukoharjo

Seminar Motivasi Berprestasi

Seminar Motivasi Berprestasi
Tenaga Medis RS Brayat Minulyo

Seminar Bermitra Denga Media

Seminar Bermitra Denga Media
Ketu Iwapi, Hj. Maria Ardi serahkan taliasih

Layanan Amalia Consulting

Layanan Amalia Consulting
dongkrak omzet dan kinerja SDM anda